banner

Wednesday, March 16, 2011

Labu Kuning Yang Sehat

Labu Kuning mempunyai segudang nutrisi, segudang manfaat, tetapi kenapa tidak populer ya? Coba ingat-ingat dalam 1 bulan ini apakah mommy mengolah si “Halloween” ini? Sepertinya hampir tidak pernah bersentuhan dengannya ya moms :-) bahkan cari di abang tukang sayur keliling aja bisa dipastikan tidak ada, kecuali mendekati bulan ramadhan, kan biasa untuk kolak ya. Segudang manfaat yang terkandung di dalam Labu Kuning. Kedua, Labu Kuning ini bisa diolah sedemikian rupa untuk snack sehat si kecil, tidak hanya hiasan kolak saja.

Labu Kuning (Cucurbita moschata)dikenal dengan sejumlah nama lain seperti: waluh, labu merah, labu manis, labu parang (Jawa Barat) atau pumpkin (Inggris).
Kita lihat dari warnanya saja sudah bisa diduga bahwa buah ini mengandung beta-carotene, dimana beta-carotene adalah sumber antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini dan kanker.
Pada Labu Kuning juga terdapat Vitamin A, Vitamin C dan Alpha-hydrox-acid yang sangat baik untuk kulit. Selain itu Labu Kuning juga mengandung cukup banyak potassium yang mampu menurunkan resiko terkena hypertensi.
Mineral jagoan lainnya yang terdapat dalam labu kuning adalah zinc, yang mampu meningkatkan system imun (pertahanan) tubuh. Belum lagi kemampuannya menurunkan risiko osteoporosis, karena zinc berperan dalam mendukung kepadatan tulang.
Kandungan serat di labu kuning juga cukup tinggi, sehingga sangat berguna dalam kesehatan pencernaan. Menurut hasil penelitian, serat juga menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.
Zat besi dalam Labu Kuning diperlukan untuk pembentukan darah, khususnya hemoglobin (Hb). Makanan yang mengandung zat besi perlu, karena bekal zat besi dari ibu saat bayi dilahirkan akan berangsur-angsur habis.
Labu Kuning juga mengandung Kalium dimana fungsi utama kalium adalah menunjang kelancaran metabolisme tubuh. Hal ini penting dalam menjaga keseimbangan air dan elektrolit (asam-basa) di dalam sel tubuh.
Soal Lemak, jangan kuatir mommy karena lemak yang terkandung dalam Labu Kuning rendah loh sehingga kita tidak perlu takut si kecil mengalami kegemukan asal dikonsumsi dalam jumlah yang wajar yaa.
Biji labu kuning juga mempunyai manfaat, yakni meringankan gejala arthritis, karena di dalamnya terkandung zat anti-peradangan.
Lewat sejumlah penelitian yang dilakukan para ahli diketahui pula, Labu Kuning memainkan peranan penting dalam mencegah penyakit degeneratif seperti diabetes mellitus (kencing manis), arterosklerosis (penyempitan pembuluh darah), jantung koroner, tekanan darah tinggi, bahkan bisa pula mencegah kanker.
Labu kuning merupakan satu-satunya buah yang awet/tahan lama. Labu kuning akan awet asal disimpan di tempat yang bersih dan kering, serta tidak ada luka pada buah ini.
Tak mengherankan jika Cinderella memilih kereta dari buah ini. Melihat kandungan gizinya, olahan dari labu kuning sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua. Tapi dimasak jadi apa ya labu kuning?

(Dari berbagai sumber)


0 comments:

Post a Comment