banner

Wednesday, March 16, 2011

DOG DAY AFTERNOON

Dog Day Afternoon adalah film tahun 1975, bertemakan kriminal yang di Bintangi Al Pacino (Sony), Jhon Cazale (Sal). Film ini disutradarai oleh Sidney Lumet yang juga merupakan sutradara dari film 12 Angry men. Film ini berdasarkan kisah nyata yang ditulis oleh P.F. Kluge dengan artikel berjudul "The Boys in the Bank".

Film ini tentang perampokan yang dilakukan oleh Sony, Sal & Stevie (pengenya sih ada namaku juga. hehehe). Perampokan ini ternyata tidak berlangsung lancar, di awali dengan Stevie yang tiba-tiba ketakutan dan memilih pulang meninggalkan Sony & Sal saat perampokan baru dimulai sampai ketika polisi datang dan mengepung Bank tersebut.

Film ini terbagi 2 bagian, bagian pertama yang terjadi didalam Bank dimana interaksi antara Sony & Sal dengan para tawanan dan bagian ‘2’ diluar yang sangat heboh, semua perhatian tertuju ke perampokan ini, banyak stasiun TV yang meliput bahkan sampai menelpon kedalam Bank agar bisa menginterview Sony.
Didalam Bank kita bisa melihat Sony berinteraksi dengan para tawanannya, Sony memperlakukan para tawanan dengan sangat baik bahkan saat salah 1 tawanannya keluar dan tangannya ditarik oleh polisi dia memilih untuk tetap didalam Bank bersama tawanan lainnya. Efek aneh ini dinamakan “Stockholm Syndrome”.

Sony dan Sal merupakan karakter yang unik dalam Film ini, mereka diposisikan sebagai seorang penjahat tapi sebenernya mereka adalah orang-orang dengan hati yang baik. bisa dilihat dari Sony (Al Pacino) yang mau melepaskan tawanannya yang sedang sakit dan meminta para polisi memberinya pizza dan obat-obatan untuk diberikan pada tawanannya serta Sal yang memperingatkan Salah 1 tawanannya agar tidak merokok karna Sal sendiri tidak merokok dan dia bilang "I think you ought to take care of your body, your body is the temple of the lord" dan anda tidak akan percaya kalo karakter Sal dalam Film ini diceritakan punya 2 istri 1 seorang wanita dan 1 lagi seorang pria (percaya gak bro), berhubung ini dari kisah nyata berarti memang benar-benar ada orang yang punya 2 istri (1 wanita dan 1 pria).

Film ini sangat menarik, ceritanya kuat walaupun alurnya standar, tapi diberi olesan campursari yang sangat menghibur sehingga Film ini sangat bagus dan Al Pacino yang berperan sebagai Sony menampilkan salah 1 akting terbaiknya (penampilan Al Pacino di Film ini berada di posisi 4 dalam list Majalah Premiere "100 best performance of all time").

Sumber: (disadur dari berbagai informasi)

0 comments:

Post a Comment